Sabtu, 14 Juli 2018

Spot Dive di Kabupaten Muna - Sulawesi Tenggara




Kabupaten ini memiliki sumberdaya laut yang cukup luas dan gugusan pulau-pulau kecil yang tersebar di bagian utara pulau Muna



Kabupaten Muna adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia dengan ibukota di Raha. Wilayahnya mencakup luasan 4.887 km2 dan terletak di 4o06 - 5.15o LS dan 120.00o – 123.24o BT. Kabupaten ini memiliki sumberdaya laut yang cukup luas dan gugusan pulau-pulau kecil yang tersebar di bagian utara pulau Muna. Wilayah Kabupaten Muna ini berbatasan dengan Selat Tiworo di bagian Utaranya, Selatan kabupaten Buton Tengah, Selat Spelman di bagian Barat dan Timur dengan Kabupaten Buton Utara. 

Untuk menuju ke Kabupaten Muna dibutuhkan waktu 2 jam dari pelabuhan Kendari ataupun pelabuhan Murhum Bau-bau dengan menggunakan kapal cepat yang beroperasi secara rutin. Fasilitas pendukung suatu destinasi wisata di Kabupaten Muna telah terpenuhi dengan adanya pembangunan dan ketersediaan beberapa hotel dan penginapan serta transportasi darat dan laut yang kemudian mempermudah tujuan suatu destinasi wisata. Untuk keberadaan dive center, di Kabupaten Muna ini belum ada dive center ataupun dive operator yang aktif melayani para peselam maupun mereka yang berniat untuk menggunakan peralatan snorkeling. Terdapat komunitas peselam yang aktif melakukan pegiatan penyelaman yaitu komunitas selam Terangi. Bagi wisatawan ataupun pengunjung yang akan beraktifitas menyelam atau menggunakan peralatan snorkeling menghubungi Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Muna.

Ada 4 lokasi penyelaman yang menjadi the best of dive site di Kabupaten Muna, yaitu: Tanjung Melura, Pulau Munante, Teluk Depan Napabale, & Dekat Pulau Lima.

Sumber : Dive Directory – Provinsi Sulawesi Tenggara






0 komentar:

Posting Komentar