Sabtu, 07 Juli 2018

PANTAI KOGUNGA - KAB. BUTON


Selain hamparan pasir putih, 
Pantai Koguna juga memiliki kekayaan 
alam mulai dari kerang laut
dan ikan hiasnya


Buton di Sulawesi Tenggara punya banyak pantai eksotis untuk pilihan liburan. Tapi jika ingin melihat pantai cantik dengan hamparan pasir putih halus dan masih jarang didatangi wisatawan, ke Pantai Koguna. Pantai ini berada di Desa Mopano, Kecamatan Lasalimu Selatan dan mulai dikenal masyarakat luas serta menjadi salah satu andalan wisata pantai di Buton sejak tahun 2014 lalu. Pemkab sedang melakukan pembenahan dan pembersihan obyek wisata tersebut.

Disarankan untuk berkunjung di pagi hari, karena bisa melihat dan menikmati saat matahari terbit. Pantai Koguna menyimpan pesona dengan barisan pepohonan. Selain hamparan pasir putih, Pantai Koguna juga memiliki kekayaan alam mulai dari kerang lautnya dan ikan hiasnya. Lebih menarik lagi, tidak jauh dari pantai ini bisa menikmati danau dengan spesies udang merah.
Hewan laut jenis landak bahkan bisa langsung dimakan saat berkunjung. Namun untuk saat ini harus membawa bekal sendiri, pasalnya makanan di Pantai Koguna masih minim yang dijual umum. Lokasinya yang begitu strategis membuat Pantai Koguna tidak sepi pengunjung. Akses menuju pantai sangat mudah dilalui bahkan dengan kendaraan bermotor ataupun kendaraan roda empat. Butuh sekitar satu jam perjalanan dari Pasar Wajo, ibu kota Kabupaten Buton untuk sampai ke titik koordinat LS 5°18'9.45"S dan BT 123°13'1.30"E ini.

Selain sebagai tempat wisata, Pantai Koguna juga berdekatan dengan obyek wisata lain seperti batu terbelah. Dari pantai bisa ditempuh dengan berjalan kaki dan jaraknya hanya sekitar satu kilometer. Lokasi ini biasa dijadikan untuk mandi. Meskipun saat ini jalan menuju pantai tersebut dari Desa Mopaano masih belum diaspal namun tidak mengurungkan niat wisatawan untuk ke sana. Pantai ini dproyeksi menjadi salah satu Destinasi Wisata Buton bahkan di Indonesia di tahun 2016. (*)




0 komentar:

Posting Komentar