Sabtu, 24 Februari 2018

Pulau Labengki, Konawe Utara



Pemandangan yang cantik, air lautnya pun berwarna biru jernih



Banyak yang bilang, pulau ini tak kalah dengan Raja Ampat. Baik dari panorama maupun keindahan bawah lautnya. Pulau Labengki terletak di Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Jaraknya sekitar 70 km dari pusat kota Kendari atau berada pada LS   3°29'0.86"S BT 122°29'1.99"E. Pulau ini terdiri dari beberapa gugusan karang besar dan kecil. Makanya dibagi menjadi Pulau Labengki Besar dan Labengki Kecil.




Mayoritas penduduknya adalah warga Suku Bajo dengan jumlah sekitar 100 keluarga.Di pulau ini terdapat banyak titik snorkeling dan penyelaman. Pemandangan yang cantik, air lautnya pun berwarna biru jernih. Beberapa pantai di pulau ini memiliki hamparan pasir berwarna putih. 





Selain itu, di sini juga terdapat salah satu spesies kima terbesar di dunia yakni Kimaboe mencapai 50 cm dan merupakan spesies terbesar kedua di dunia. Sehingga di kawasan ini terdapat pula penangkaran untuk sejumlah spesies kima. Di pulau ini belum ada fasilitas  hotel, penginapan atau warung makan. Sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Bisa memancing di kawasan pulau ini, lalu ikan bisa dibakar untuk dinikmati. Ada Barakuda, Kerapu, Tuna Sirip Kuning, Kakap Merah ataupun Ikan Layar. Bisa untuk Barbeque. Pengunjung juga bisa mendirikan tenda di sekitar kawasan pulau. Akses transport, bisa langsung menuju ke Pelabuhan Kendari. Kebanyakan kapal atau perahu yang ada di pelabuhan ini tidak stand by setiap hari. 

Dari pelabuhan, Anda bisa menyewa sebuah kapal atau perahu untuk menuju ke Pulau Labengki. Tarif sewanya berbeda-beda tergantung kesepakatan dengan pemilik kapal. Waktu tempuh sekitar empat hingga lima jam, tergantung cuaca. (*)

Sumber : PROMOSI PARIWISATA PANTAI PROV. SULTRA. 

0 komentar:

Posting Komentar